Jumat, 18 Mei 2012

Penyebab Cepat Mengantuk dan Cepat Lelah

Jika kita mengalami ngantuk berat pada saat sedang mengerjakan tugas di kantor itu kemungkinan dikarenakan jadwal tidur kita yang tidak sesuai dengan waktu yang semesti nya. Jadwal Tidur Orang dewasa itu biasa nya 7-8 jam /hari. Nah, untuk itu aturlah waktu tidur kita, sehingga tidak ada gangguan pada jam tidur kita,bila perlu buatlah jadwal teratur serta jauhkan dari pengaruh energi listrik, seperti Televisi, Telephone genggam, Laptop dsb karena akan berpengaruh buruk untuk kesehatan kita.

Bila manusia menginjak usia dewasa, dan terjadi perubahan pada diri kita, seperti perubahan bentuk tubuh menjadi lebih gemuk, itu bisa jadi kapasitas waktu tidur kita terlalu berlebihan, mari kita coba dengan mengurangi waktu tidur, dan lakukan lebih banyak aktivitas positif, ini untuk yang mau mengurangi berat badan. Ada pula dengan melakukan kebiasaan berhenti merokok.

Makanlah makanan yang sehat dan bergizi secara seimbang, agar kita tidak merasa cepat kelelahan, dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh dengan cara sarapan pagi setiap hari dengan protein + karbohidrat seperti menu telur dan roti.

Dunia kerja membuat waktu tidur kita menjadi kian tidak teratur, ada yang bekerja pagi, malam, ataupun tak menentu seperti kerja shift, itu sudah jelas akan membuat jam tidur anda menjadi tidak teratur, untuk menyikapi masalah itu kita harus menciptakan cara sendiri agar tidur kita menjadi lebih tenang dan hening seperti mematikan penerangan, dan jauhkan dari segala bentuk keramaian, sehingga dapat membuat kita tidur dengan tenang walaupun jam tidur kita tidak sampai 7-8 jam.

Pada inti nya jika kita mengalami rasa kantuk dan gampang lelah, mungkin langkah terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan berolahraga secara teratur, baik dengan berlari, jalan santai, atau bersepeda minimal 30 menit itu sudah menjadikan kita sedikit tidak cepat lelah.

                                                               **********



Tidak ada komentar:

Posting Komentar