Senin, 21 Mei 2012


Kota Mentok terletak di ujung sebelah barat Pulau Bangka. Selain menyimpan sejarah, kota ini juga menyimpan eksotis alam yang tidak kalah dengan kabupaten-kabupaten lain di Pulau Bangka ini. Perpaduan alam semenanjung Bangka dan peninggalan sejarah era kesultanan dari Sumatera Selatan Palembang hingga perebutan kemerdekaan RI, menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari Kota Mentok ini.

Di sini tersebar sejumlah obyek wisata, diantaranya Mercusuar Tanjung Kalian, Pantai Tanjung Kalian. Bangkai Kapal Jaman Perang Dunia "Van De Vara Australia", Pantai Asmara, Pantai Batu Rakit, Gunung Menumbing yang bisa dinikmati seluas mata kita memandang.

Dari puncak Menara suar Tanjung Kalian ini, semua isi kota Mentok bisa kita lihat. Hilir mudik boat nelayan, kapal penumpang dan deretan kapal barang berukuran besar yang berlayar melintas di line kapal, antara Pulau Sumatera dan Bangka, dapat kita nikmati dari puncak mercu suar.

Exotis alam Mentok ini bisa dilihat sekaligus tanpa harus pindah-pindah lokasi. Cukup berada di Puncak Mercu Suar Tanjung Kalian semua bisa menyatu dalam dekapan mata. Wisatawan yang berkunjung ke Tanjung Kalian, dapat naik atau mendaki ke puncak Mercu, dengan meniti tangga Mercu yang tersusun rapi, dan kokoh dari batu sungai.

Kawasan obyek-obyek wisata tersebut berjarak 5-6 km dari pusat Ibu Kota Kabupaten Bangka Barat di Muntok. Penjaga Menara Mercu Suar Tanjung Kalian menuturkan belum sah pergi ke Tanjung Kalian Mentok, tanpa berada di Puncak Mercu Suar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar